Friday, April 11, 2008

Aku dan Adik Perempuanku

Lagi mikirin mau nulis apa sekarang :( Mmm..., mungkin enakan nulis tentang rencana besok. Besok adik ku, Dewi, mau martumpol. Acara ini dah sedari lama dirancang dan ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga. Martumpol artinya acara pemberkatan sebelum pernikahan yang sesungguhnya. Atau mungkin lebih tepatnya dibilang bahwa martumpol adalah seperti tunangan. Yah.... ga terasa tahun ini tepatnya bulan depan tanggal 5 Mei 2008, adik ku mau nikah dengan pacarnya yang telah dia pacari selama kurang lebih 5 tahun.

Acara martumpol ini besok diadakan di gereja Perumnas Klender, deket rumah, dan juga dulunya adalah tempat aku dan abang nikah juga. Untuk acara pernikahannya sendiri diadakan di Kisaran, Sumatera Utara. Yup, balik ke kampung. Kenapa di kampung? Well, simply because keluarga besar calon iparku ini semuanya masih tinggal di situ. Sayangnya untuk acara besarnya itu, aku dan suamiku ga bisa ikut. Kami berdua lebih dipercayakan untuk jaga rumah nyokapku, hehehehe.... :P Engga ding.... kami berdua ga ikut simply because my sweet Rahel is masih terlalu kecil untuk dibawa jalan jauh, apalagi sampe nyebrang pulau. Kasian. Dia nanti pasti kecapean banget. Untuk itu, aku terpaksa cuti cuti cuti deh. Ga nanggung2, seminggu bo!

Mmm... ngomong2 soal adik ku, aku jadi teringat masa - masa dulu kami masih kecil. Umur kami ga beda jauh. Cuma setaun setengah doang. Jadi kami itu agak kayak kembar tapi bukan dari segi wajah yah. Karena adik ku itu kayak orang Cina, sedangkan aku mirip sama orang Jawa or Manado (kata orang2 lho). Dari kami TK sampe SMA, kami masuk ke sekolah yang sama. Kemana - mana selalu bareng. Tidur pun bareng di satu kamar dan satu tempat tidur. Sering tukeran baju. Beli baju bareng kalo ke Mall. Bahkan kami juga punya idola yang sama dulu ..... BOYZONE (temans yang seumuran sama kita, pasti kenal deh sama boy band yang satu ini :D boy band jaman jadul tuh!). Tapi emang bener kali y, yang namanya manusia biarpun sedarah pasti punya keinginan atau sifat yang beda juga. Akhirnya waktu kita berdua masuk kuliah, kita ngambil universitas dan jurusan yang beda, disesuaikan dengan sifat kita masing - masing. Berhubung aku itu orangnya agak2 malas, senengnya bahasa inggris, maunya yang simple, ga lama - lama kuliah dan orangnya gampang cape maka aku pilih untuk masuk ke Tar-Q jurusan sekretaris yang sekolahnya cuma 3 taun doank (halo teman2 angkatan 2000, apa kabar kalian semua???? :D) sedangkan adik ku, dia ga mau tinggal bareng dengan orang tua lagi, maunya mandiri. Terus ditambah lagi dia seneng banget dengan banyak tantangan. Maka dia ambil jurusan Ilmu Komunikasi dan ga tanggung2 di Unpad, Bandung lagi.... Lumayan jauh kan dari rumah.

Nah, itu tadi kan soal sekolah. Kalo soal pacaran2 juga ga jauh beda dari situ. Dulu pacarku tuh banyak lho (hehehehe... mesti bangga atau maloe yah????). Terus dari dulu, tipe2 cowo aku tuh pasti mesti yang tinggi, tegap, broad shoulder (ga tau bahasa indonesianya), macho2... yah, pokoknya yang atletis gitu deh :P Kalo aku, kalo dah seneng ama cowo dan cowo itu seneng sama aku, aku ga mau tunggu lama untuk langsung jalan berdua alias pacaran. Seperti kasusku dengan abang. Kami tuh cuma pacaran dua bulan doang langsung merit. Beda banget ama adik ku. Dia tuh maunya harus temenan lama dan saling kenal dulu baru bisa pacaran ama dia. Dah gitu pacar adik ku itu pasti harus berwajah smart, nice, and cute (sama kayak calon suaminya yang sekarang).

Terus, soal apa lagi yah yang bikin aku beda sama adik ku. Oiya, soal masa depan. Kalo adik ku ini, semua hal pasti dia tulis dan dia catat dengan rapih di agenda mengenai segala hal menyangkut masa depan. Misalnya : punya anak dikit aja, mau kuliah lagi, mengatur rumah tangga agar berjalan mulus, mau beli rumah seperti apa modelnya, dll. Semuanya itu dah dia siapin dari sejak dia masuk kuliah lho. Sedangkan aku, lebih milih untuk memikirkan hal2 begitu setelah aku menjalaninya, ga pernah kepikiran untuk nge-plan dari jauh2 hari... easy going banget ga? heheheheh...

Wah... kalo mau diceritain lagi bisa panjang banget deh. Mungkin bisa ampe berhari - hari :D Tapi biar serukun - rukunnya kami, kadang banyak juga lho masalah yang pernah terjadi. Dari mulai beda pendapat, saling kesel2an, saling iri2an. Duh..., mungkin masih banyak lagi hal yang lainnya deh. Tapi emang disitulah seninya punya adik. Dan sekarang, saat dia perlahan - lahan akan membangun rumah tangganya, aku merasa bahwa waktu itu berlalu dengan cepat sekali. Sekarang adik ku sudah dewasa. Aku cuma bisa berdoa supaya kehidupan pernikahan yang akan dia jalani bisa berjalan dengan langgeng sampai tua nanti meskipun kerikil-kerikil masalah kadang menghadang, aku doakan semoga kalian tetap awet sampai kakek nenek.....

No comments: